Klarifikasi Romo Magnis: Catatan mengenai Pemerintahan SBY

Dari  Rama Franz Magnis Suseno :

Teman-teman,

Kemarin saya mendadak diundang ikut rombongan besar – >200 og – ke Cikeas/SBY, diorganisasi entah oleh siapa, kebanyakan adalah wakil-wakil tak resmi Protestan dan Katolik, termasuk Mgr. J. Pujasumarta dan Rm. Benny, tetapi juga Buddha, Hindu dan Konghucu . Saya dipilih menjadi salah satu dari empat penanya oleh panitia. Nah, saya harus mengakui bahwa SBY muncul mengesankan. Ia bicara dulu sekitar 30 menit, tentu mengemukakan prestasinya, tetapi cukup relek dan tidak sombong-sombong dan tidak mengambang. Yang lebih mengesan lagi adalah cara ia menjawab pertanyaan-pertanya an kami. Semua dijawab langsung, to the point. Saya mengatakan bahwa kami khawatir Depdiknas akan diberikan kepada orang dari partai agamis intensif dan bahwa jawaban atas pertanyaan ini akan ikut menentukan sikap umat-umat kami dalam pemilihan mendatang. SBY menjawab cukup lama, bahwa orang-orang NU juga sudah menanyakannya, dan bahwa ia tahu betul bahwa jabatan-jabatan tertentu harus dan akan diberikan kepada orang yang dapat diterima oleh semua kelompok (harapan ketiga yang saya ungkapkan, yaitu agar kekerasan atas dasar agama tidak dibiarkan lagi, dijawab dengan mengacu pada kasus Achmadiyah yang malah tidak saya singgung sendiri; entah Beliau sudah dipersiapkan? ). Saya tulis itu karena bagi saya pernyataan SBY itu memenuhi apa yang saya harapkan dan saya tuntut dulu. Saya tidak mempunyai alasan untuk meragukannya. Maka juga tidak ada alasan untuk memasukkan SBY/ Budiono di antara pasangan capres-cawapres yang menurut saya tidak boleh dipilih.Terimakasih atas segala perhatian dan salam

Franz Magnis-Suseno SJ

Courtesy: milis APIK

Tinggalkan Balasan

